Rasio Kompresi dan Tenaga

Font Size   Perkecil  Reset  Perbesar 
Para engineer atau tuner kerap memfokus diri dalam tuning mesin 4 tak menuju langsung pada cylinder head. Salah satunya adalah, ruang bakar, atau bahasa jawanya combustion chamber
So… apa kaitan ruang bakar dengan tenaga? Oh pasti ada… besaran ruang bakar ini nantinya akan sangat menentukan dalam tugas menampung emulsi udara-bahan bakar yang sudah dihisap oleh piston kemudian dipadatkan di kubah ini sebelum akhirnya diledakkan busi.
pernah dengar orang berkomentar tenaga mesinnya semakin padat…? Yup, bisa jadi karena memang combustion chamber dapat dimanfaatkan dengan optimal. Kubah ruang bakar tentu memiliki volume sendiri, sedangkan kapasitas mesin merupakan volume pembanding. Seberapa banyak volume kapasitas mesin mampu dipadatkan di ruang bakar hingga seper-sekian bagian inilah yang disebut rasio kompresi.
Contoh sebuah mesin bebek dengan kapasitas mesin 100 cc, sedangkan volume ruang bakar adalah 10 cc dimasukkan dalam rumusan rasio kompresi adalah
(Kapasitas mesin / Volume ruang bakar ) + 1
= (100 / 10 ) + 1
= 10 + 1
= 11 : 1
Yahhh itu mah rumus sederhana aja, kalo mau rumus ribet coba cari di wikipedia, kompresi rasio dihitung pake rumus…
, dimana
b = diameter piston
s = panjang stroke
Vc = volume ruang bakar + volume paking cylinder head.
Ini adalah rumusan minimum, kalau mau lebih detail sebenarnya volume pembanding tidak hanya ruang bakar, melainkan juga : Cylinder Head Combustion Chamber, Tebal Gasket, Deck Clearance, Ring Kompresi terhadap Piston, Dan Dome Piston. Huahahahaha… Ini nih kepusingan berawal
Mau dihitung satu-satu? Capee… deh, coba bayangin kita pakai piston Izumi high dome dengan coakan klep dalem, hitung berapa volume jenong pistonnya…? Mending ngisep rokok sambil ngopi daripada botak mikir itu hehehehe…

Saya bilang teknik menghitung seperti wikipedia yang ribetz ni ga selamanya efektif, bagaimana jika piston memiliki permukaan highdome, ada yang bisa menghitung volumenya,
Jaahhh… bikin males belajar matematika tu ya gara2 rumus ribet ini. Mending ketika blok dan cylinder head terpasang, posisikan piston pada TMA, lepas lubang busi kemudian suntikkan cairan untuk mengukur volume ruang bakar. Inilah rumus ruang bakar riil dibandingkan yang harus mengukur dan menghitung satu per satu.
Ngomong-ngomong dah pada bisa nge-hitung volume kapasitas mesin kan?
VOLUME MESIN = ( Phi * Bore * Bore * Stroke ) / 4,000
Phi adalah konstanta bernilai 3.1416
Bore adalah diameter lebar piston dalam satuan milimeter
Stroke adalah langkah piston bergerak dari TMA ke TMB dalam satuan milimeter
Volume mesin akan diperoleh dalam satuan centimeter cubic alias CC
Contoh, sebuah mesin dengan diameter piston 53.5mm, serta panjang langkah piston 54mm, akan memiliki Volume Silinder sebesar 121.4 CC
Nah setelah kapasitas mesin didapat, baru ukur volume kubah ruang bakar, finally diukur deh rasio kompresinya.
Ingat memang meningkatkan kompresi adalah sebuah cara paling efektif dan mudah untuk meningkatkan keluaran tenaga pada mesin naturally aspirated (non-Turbo). Namun, kita tentu saja tidak bisa langsung meningkatkan kompresi tanpa memikirkan batasan bahwa semakin tinggi nilai kompresi maka bahan bakar yang dibutuhkan mesin juga harus beroktan tinggi.
Jika kamu bisa memperoleh racing fuel, maka mainkan rasio kompresi hingga diatas 15 : 1, bahkan kamu bisa pakai rasio lebih tinggi jika memakai alcohol, ingat Drag NHRA yang mobil dragnya mirip formula, tuh semua pada pemabok heheheh.. kan mimik alkohol. Kumat ngelantur…
Papas noken as, timing dan durasi, airflow, volumetric efisiensi, aliran di porting, dan banyak kombinasi dari berbagai faktor berpengaruh besar terhadap kompresi dan sang maut yang mengancam nyawa mesin - DETONASI -
Detonasi
Dapat dipahami sebuah kondisi yang menyebabkan bahan bakar meledak - bukan terbakar dengan cepat - Parah! Biasa terjadi pada mesin dengan beban tinggi dan kecepatan tinggi, kerusakan detonasi bisa mengalahkan bearing-bearing seperti di kruk as yang jika sudah tidak balance bisa-bisa melintir tuh kruk as.
Kecepatan bahan bakar normal berada pada 23 - 56 meter tiap second. Semakin tinggi nilai oktan, semakin lambat kecepatan rambatnya. Sebuah percikan busi membutuhkan waktu 0.003 detik untuk melakukan sebuah pembakaran sempurna, jadi bisa menghitung kan berapa RPM batasan mesin biar gak Detonasi ^_^
Baca Atikel ini juga :

Sponsor


  
  
boss-mails.com  Adsense Indonesia
 

Blog Tutorial Untuk Pemula

  • 1.  Panduan membuat blog
  • 2. Cara setting blog
  • 3. Memilih template
  • 4. Mengatur huruf dan warna
  • 5. Cara memposting artikel
  • 6. buat Read more pada template klasik
  • 7. Cara membuat Text Area
  • 8. Cara membuat menu dropDown
  • 9. cara Upload foto
  • 10. Cara membuat Link(1)
  • 11. Cara membuat Link(2)
  • 12.  Cara membuat marquee (text berjalan)
  • 13. Cara membuat efek Refresh
  • 14. Kode HTML tampil pada postingan
  • 15. Masalah posting artikel
  • 16. Simbol Yahoo! Emoticons
  • 17. Simbol Blogger Emoticons
  • 18. Cara Pasang jam
  • 19. Cara membuat banner animasi
  • 20. Cara membuat buku tamu
  • 21. HTML Tutorial
  • 22. Free Download
  • 23. Foto animasi
  • 24. Cara pasang Statistik & Tracker
  • 25. Perlunya IE dan FireFox
  • 26. Cara pasang musik
  • 27. Logo & Button
  • 28. Membuat Menu D Tree (menu mirip pada windows explorer)
  • 29. HTML Tutorial(2)
  • 30. Membuat Read more pada template baru
  • 31. User Online status
  • 32. Cara membuat blogroll Alternatif
  • 33. Cara pasang gambar
  • 34. Cara membuat Icon YM
  • 35. cara pasang Video
  • 36. Daftar Mybloglog
  • 37. Membuat Navigasi dengan CSS
  • 38. Template baru VS template Klasik
  • 39. Membuat Penggalan Artikel
  • 40. Membuat Link Untuk Download
  • 41. Menu Dropdown dengan JavaScript
  • 42. Menu Dropdown dengan JavaScript (2)
  • 43. Cara Membuat Favicon
  • 44. Pasang Recent Comments
  • 45. Text Berjalan di Bar menu
  • 46. Rotating banner
  • 47.  Cara membuat kategori (label)
  • 48. Read more versi baru
  • 49. Pasang Link di New Blogger Template
  • 50. Cara Pasang Feed di Blog
  • 51. Pasang Banner di Header Blog
  • 52. Membuat Banner Bertaburan
  • 53. Tips Menghilangkan Border Image
  • 54. Cara membuat Navigasi Dengan Css (2)
  • 55. Mengatur Perataan Posting Artikel
  • 56. Tips Mengganti Background Blog
  • 57. Pasang Image pada judul Artikel
  • 58. Membuat link satu halaman
  • 59. Photo profile berbingkai
  • 60. Photo profile berbingkai
  • 61. Gambar berbingkai
  • 62. Image dalam kode marquee
  • 63. Pasang kode tuker link
  • 64. Cara daftar search engine
  • 65. Cepat terindeks di google
  • 66. Pasang Kalender
  • 67. Hilangkan garis bawah Link
  • 68. Ubah Warna Link
  • 69. Pelacak IP Address
  • 70. Pasang Jadwal Sholat
  • 71. Mengubah lebar kolom template
  • 72. Daftar Google Sitemap
  • 73. Daftar Feedburner
  • 74. Pasang Snaps Shots
  • 75. membuat navbar
  • 76. pasang label cloud
  • 77. Membuat tulisan bergaya koran
  • 78. horizontal dropdown menu
  • 79. membuat marquee text dalam gambar
  • 80. Marquee dengan Javascript
  • 81. Siapa yang pasang link ke blog kita
  • 82. Kotak komentar dengan haloscan
  • 83. Cara membuat daftar isi blog
  • 84. Cara menghilangkan Subcribe to
  • 85. Tips menambah kolom pada template baru
  • 86. Setting Widget Mybloglog
  • 87. membuat kursor animasi
  • 88. Download Mini Icon
  • 89. Menyisipkan Mini icon pada label
  • 90. Lebih jauh mengenai Read more
  • 100. Cara menghilangkan navbar Blogger
  • 101. Cara membuat frame iklan
  • 102. Cara mengganti warna sidebar pada template minima
  • 103. menyisipkan Icon pada View Profile
  • 104. Baca feed melalui Google Reader
  • 105. Cara Upload data ke Google Page Creator
  • 106. Cara membuat ONLINE BOOKMARK
  • 107. mengenal perintah Iframe
  • 108. Cara menampilakan karakter khusus
  • 109. tutorial software HTML Color V.1.4
  • 110. Cara pasang search engine di blog
  • 111. Membuat sidebar ada di kiri dan kanan
  • 112. Tutorial software scott box shot maker
  • 113. Menambah emoticons di shoutbox
  • 114. Tips membuat multi kolom
  • 115. Cara membuat tabel di blog
  • 117. Horizontal tab menu j
  • 118. Horiontal tab menu 10
  • 119. POp up generator
  • 120. Backup blog secara Online
  • 121. Atasi error widget harus unik
  • 122. Backup data dalam widget
  • 123. Pasang fasilitas print
  • 124. Trik mudah membuat Read more
  • 126. Pasang google talk di blog
  • 127. Pasang feed dalam kode marquee
  • 128. Pasang yahoo messenger (2)
  • 129. Pasang google talk di blog (2)
  • 130. Hilangkan angka dalam label
  • 131. Tips Search Engine Optimization (SEO)
  • 132. Pasang Game di blog
  • 133. Free CSS menu tabs 6
  • 134. Setor muka via gravatar
  • 135. membuat gambar thumbnail
  • 136. Read more sejajar dengan posting
  • 137. Pasang tombol digg
  • 138. Upload gambar ke yahoo geocities
  • 139. Pasang favicon
  • 140. Drop down menu sama lebar
  • 141. Drop down menu dengan CSS
  • 142. membuat daftar isi (2)
  • 143. Pasang widget post terbaru dan komentar terbaru
  • 144. pasang yahoo emoticon (2)
  • 145. install assteg emoticon ke post editor
  • 146. membuat background posting berbeda-beda
  • 147. Pasang iklan google adsense di bawah posting
  • 148. Pasang iklan kliksaya.com di bawah read more
  • 149. cara membagi dua kolom header
  • 150. Install Emoticon More-smilies Cosa aranda ke Editor Posting
  • 151. Buat Tulisan bergaya web 2.0 secara Online
  • 152. Ziddu - free file hosting
  • 153. Tutorial navigasi : Dynamic-FX Slide-In menu
  • 154. Free Logo Maker
  • 155. Cara Membuat Favicon (2)
  • 156. Atasi error copy paste kode wordpress
  • 157. fitur-fitur baru dari Blogger.com
  • 158. Setting komentar di bawah posting
  • 159. Kotak Komentar di bawah Posting
  • 160. membuat efek Photo Blur
  • 161. Mengubah Lebar Arsip Dropdown
  • 162. Cara mengcopy gambar di layar monitor
  • 163. menyimpan widget di bawah header
  • 164. Cara membuat elemen Persis di bawah header
  • 165. Mengatur Tampilan Judul Sidebar
  • 166. Google Docs : pasang data excel di blog
  • 167. Mengatur tampilan judul posting
  • 168. Widget baru mybloglog
  • 169. fitur baru blogger
  • 170. Membuat warna link berkedip
  • 171.  Cara Modifikasi Kotak Komentar
  • 172.  Revisi: Cara Modifikasi Kotak Komentar
  • 173.  Alternatif Warna Kotak Komentar
  • 174.  Memilah Milah Komentar
  • 175.  Zoom Efek Dengan Script Fancy Zoom
  • 176.  Cara membuat Contact form / Kontak Kami
  • 177.  Elemen Halaman Mempunyai Fungsi Scroll
  • 178.  Tips Menghilangkan Pesan Pencarian Blogger
  • 179.  Membuat Read more Plus Judul Artikel
  • 200.  Membuat Sidebar Dalam Kotak-Kotak Terpisah
  • 201.  Free Template : Magazine Template 2
  • 202.  Tanya Jawab seputar Template magazine 2
  • 203.  Menghilangkan Icon Obeng dan Tang / Quick edit Blogger
  • 204.  Tanya Jawab Seputar Template Magazine 1
  • 205.  Pasang Skrip Alert Di Blog
  • 206.  Pasang Google Toolbar
  • 207.  Free Icon Untuk Blog Dan Website
  • 208.  Asyik Ngeblog Bersama Windows Live Writer
  • 209.  Tanya Jawab Seputar Windows Live Writer (WLW)
  • 210.  Buat Kolom Diatas Kolom Posting Pada Magazine template 2
  • 211.  Buat Kolom Dibawah Header Pada Magazine Template 2
  • 212.  Blog Pertama Kang Rohman
  • 213.  Free html dan PHP Editor
  • 214.  Apa sih Alexa Rank atau Peringkat Alexa Itu?
  • 215.  Tutorial Pasang Widget Alexa di Blog
  • 216.  Tips Meningkatkan Alexa Rank
  • 217.  Apa Sih Situs Social Bookmarking Network Itu?
  • 218.  Solusi Mengatasi Kotak Komentar Yang bermasalah
  • 219.  Tutorial Membuat Horizontal Navigasi
  • Powered by Kolom-Tutorial
    rss